Tips Dasar Beli DSLR Untuk Pemula

Sebenernya untuk general penggunaan sehari - hari , DSLR2 entry level sudah sangat baik karena teknologi sensornya sudah canggih-canggih. Jadi kalau ngomongin kualitas hasil, merek - merek yang sudah ternama relatif bersaing. Sekarang tinggal faktor lebih nonteknis yang bisa menentukan pilihan akhir.

Tipe Kamera DSLR Aneka Merk

Jadi apa tips - tips untuk beli DSLR untuk pemula?
  1. Kalau beneran bingung dan males mikir atau cari - cari info yang banyak tentang merek tertentu, beli aja yang banyak dipake sama temen - temen sekitar anda. Banyak yang pake Nikon ya beli Nikon, banyak temen pake Sony ya beli Sony.. Kenapa? karena kalau kita mau pinjem - pinjem lensa dan aksesoris - aksesoris gampang, terus kalau mau tanya - tanya juga mudah karena sudah ada temen yang biasa memakainya dan sudah tahu karakternya.
  2. Cari DSLR yang cocok dengan preferensi personal anda. Mau DSLR yang fisiknya besar kecil, seergonomis apa, lcd segede apa, hal ini juga akan mempermudah memutuskan.
  3. Layanan purna jual yang baik. DSLR adalah barang elektronik, oleh karena itu mungkin rusak, walau rusaknya hal sepele seperti baterai yang ngedrop, atau misalnya flash internal Yang nggak bisa dipakai. Jadi service Yang baik merupakan nilai Yang sangat plus.
  4. Selain tips no.1, belilah DSLR Yang sudah jelas mudah untuk mencari aksesoris2 dan lensa - lensanya. Di indonesia sih, merk Canon dan Nikon paling banyak tersedia di pasaran untuk lensa2 dan aksesoris - aksesoris, baik itu merek aslinya, atau barang - barang 3rd party.
  5. Browsing di Internet. Setelah tahu semua apa Yang diinginkan. Saat browsing di web2 Yang menyediakan review - review kamera. Ini langkah Yang sangat penting karena informasinya bisa sangat banyak. Untuk review - review kamera dan aksesorisnya, ukuran Megapixel kamera sering jadi pertimbangan. Tapi percaya deh, kalau utamanya bukan untuk dicetak ukuran besar (sebesar baliho), hal ini ngga akan berpengaruh.
  6. Untuk kamera entry level, merk Canon lebih fleksibel dari Nikon. Karena kamera DSLR Nikon entry level hanya bisa pakai lensa - lensa baru Yang lebih mahal.
  7. Jangan takut utk membandingkan secara "head to head" saat akan membeli (klo beli di toko).. Minta untuk dikeluarkan 2 atau 3 produk Yang ingin di coba, trus dicoba sendiri kamera - kamera tersebut. Coba - coba ini sangat penting, kalo temen kebetulan punya tipe DSLR Yang diinginkan, ngga usah malu - malu untuk pinjem sebentar sekedar untuk tahu seperti apa rasanya DSLR itu. beberapa orang memiliki preferensi tersendiri terhadap merek DSLR tertentu karena kenyamanannya saat digenggam di tangan, digunakan, atau karena beratnya.
  8. Sesuaikan dengan kantong anda (sebenernya ini berlaku dalam beli apa aja sih, gimana juga belinya kalo ga ada duitnya).
 
Sekian tips dari kami, semoga membantu anda dalam memilih DSLR pertama anda.

Facebook CommentsShowHide

0 komentar