Cara Memencet Tombol Shutter Dengan Benar

Cara Memencet Tombol Shutter Dengan Benar | Mungkin hal ini terdengar sepele, tetapi menjadi hal yang penting yang perlu diketahui jika anda adalah seorang seksi dokumentasi di sebuah kepanitiaan atau bagi anda yang baru membeli kamera. Menekan tombol shutter yang benar akan mempengaruhi hasil dari jepretan anda. Karena cara ini akan menentukan bagaimana nanti metering dan auto focus bekerja.

Tombol Shutter pada Kamera

Bagi pengguna kamera pemula, pasti ketika mengambil foto kita langsung menekan tombol shutter sampai habis tanpa memperkirakan apakah kamera sudah fokus atau belum. Jelas hasilnya tidak akan sesuai keinginan kita dan pastinya kita bisa kehilangan momen yang berharga. Untuk menekan tombol kamera awalnya kita hendaknya menekan setengah dari tombol untuk memberikan kesempatan metering dan auto focus menjalankan tugasnya, biasanya setelah obyek terkunci kamera akan berbunyi "beep" .

Dengan menekan setengah shutter tadi kamera akan menganalisa kondisi dari obyek yang akan di foto. Sambil menekan setengah kita bisa melihat obyek di lcd kamera atau view finder apakah sudah pas dengan keinginan kita, baik dari sudut pandang maupun kondisi pencahayaan.

Setelah pas baru kita bisa menekan habis shutter untuk mengambil fotonya. Mungkin awalnya tidak mudah melakukan hal ini, karena sudah terbiasa dengan memencet penuh. Perlu latihan untuk terbiasa melakukan ini. Selamat mencoba.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar